Kamis, 22 April 2010

CARA MEN TUNE-UP MOTOR F1ZR 110CC

maksud anda sekencang apa??biarpun perubahan mesin terlalu banyak belum tentu motor itu kencang...yg penting di 2 tak hanya kompresi,timing pengapian,ama korekan blok cylinder..kalo emang buat kohar saja,mendink bloknya di semi korek,dan tenaga benar2 terasa,asal koreknya benar,dan yg pasti gk bikin mesin rusak..
kalo emang piston/seher masih ukuran std f1z R ato ukurannya 52-53mm,(oversize 0 - 100)sah2 aja untuk papas head dari 0.6-0.8 mm..tapi bubut head jangan di sembarang tempat tukang bubut...takutnya miring,ntar malah kompresi bocor,kalo mau lebih yakin ato presisi,beli amplas 400 & 1000.taro di atas kaca,lalu headnya di gosok di atas amplas tersebut,dari pake amplas kasar ke halus...kalo mau lebih mudah,pake amril (yg biasa untuk skirl klep 4 tak..amril di taro di kaca lalu di gosok seperti pake amplas....kalo seher udah oversize 200,(ato 54-55 mm)head jangan di bubut,nanti kompresi terlalu tinggi,nanti atasnyanya gk jalan..& takutnya mesin mudah panas..semoga bermanfaat..thx

Untuk motor bermesin 2 langkah seperti FizR tidak terlalu susah untuk meningkatkan performa.

Dulu saya pakai suzuki crystal.

Yang saya lalukan adalah membubut silinder head. Tidak usah terlalu banyak, 0,5mm saja cukup. Resikonya kompresi mesin naik sehingga harus pakai pertamax plus.
Lalu magnet juga saya bubut, tetapi resikonya lampu depan jadi tidak stabil, sangat tergantung RPM dan lebih cepat putus. Jadi kalau tidak mau susah, magnet biarkan standar saja.
Lalu kopling otomatis saya lepas dan pakai kopling manual. Elektrik starter juga saya lepas.
Lau terakhir ganti knalpot racing dan katup buluh.

Setelah semua itu, karburator harus disetting ulang PJ dan MJnya, juga setelan anginnya.
Perbandingan gear depan dan belakang juga harus disetting ulang.

Dengan ubahan itu tenaga cukup terasa bedanya.
Kalau anda tidak mau merubah mesin, hanya dengan pakai kopling manual dan melepas elektrik starter saja juga sudah lumayan.

Semoga membantu.

meskipun saya juga belum pernah mencoba, tapi mungkin tips2 berikut bisa membantu.
1. perbesar ruang bakar, kira2 sampai 120-135.
2. ganti piston asli dengan piston lain yang sesuai misal; piston tiara atau RX King.
3. ganti karbu standar dengan karbu RX King.
4. ganti gear belakang dengan yang lebih besar supaya tarikan lebih ringan berakselerasi.
1.atur ulang sudut ruang bakar.
2.perbesar lubang masuk dan buang
3.seher ganti yang besar
4.karbu ganti yang besar tapi sesuai misall RX king
5 bobok knalpot.

4 komentar:

  1. mas,boleh tanya lewat bbm ga,klo boleh invete pin sy 5B48E084 makasih

    BalasHapus
  2. mas,boleh tanya lewat bbm ga,klo boleh invete pin sy 5B48E084 makasih

    BalasHapus
  3. Maaf boleh minta nomor wa nya buat nanya nanya soal korek harian F1Zr

    BalasHapus